62-82244447165 CS.KampusCEO@gmail.com

Perguruan Tinggi Diminta Aktif Dukung Era Revolusi Industri

Peristiwa 100 thn yg lalu terjadi perubahan dari era Agraris ke era Industri 1.0, banyak pengusaha kuda tutup karena munculnya industri otomotif.

Sekarang terjadi perubahan kembali, yaitu menuju ke era Industri 4.0.

Sekitar 30 tahun lalu, surat kabar Jawa Pos, Sinar Harapan dan Kompas, aneka Tabloid, majalah Intisari- si Kuncung – Bobo , Radio RRI dan televisi TVRI – SCTV – RCTI – TPI adalah media informasi paling efektif.
Namun, fakta hari ini, mereka tergerus oleh YouTube, Facebook,Twitter, dan media sosial lainnya.

Dulu, kita belajar mengerjakan PR dgn mencari buku dan teman, sekarang dgn aplikasi internet, semua tersedia. Dulu kita masih susah mencari kamus terjemahan untk bisa mentranslate bahasa inggris ke bahasa Indonesia, sekarang tinggal klik sudah langsung beres. Bahkan sekarang sudah ada aplikasi penterjemah dengan suara, orang bicara apa dalam bahasa apapun tinggal kita rekam sebentar, klik lalu keluar langsung terjemahannya bicara dalam bahasa Indonesia. Demikian juga dari bahasa Indonesia ke bahasa lainnya.

Dulu gerai Toko NAM – SIOLA – SARINAH – BATIK KERIS – GORO – CONTINENTAL – YAO HAN – POJOK BUSANA – HERO -MATAHARi – MAKRO – RAMAYANA – CARREFOUR adalah Raja Dunia Retail.
Fakta hari ini, banyak gerai mereka tutup dan tergantikan oleh BUKALAPAK, OLX, BLIBI, LAZADA, ALIBABA, Tokopedia, Shoope dan lain-lain. Para Taipan pun berlomba-lomba IKUT BERUBAH dengan masuk investasi ke beberapa Online Shop Besar.

10 tahun yang lalu, Supir Taxi dan OJEK adalah profesi yg dipandang sebelah mata. Fakta hari ini, driver Taxi-Ojek banyak yg S1 bahkan S2, dgn sistem online via GRAB dan GO JEK .

10 tahun lalu, dunia investasi hanyalah milik orang kaya, orang banyak duit. Hari ini, dengan ratusan ribu saja setiap orang sudah bisa membeli Obligasi, Reksadana, dan Saham.

Dulu banyak Toko Kelontong di sekitar kita, Fakta hari ini Toko Kelontong banyak yang tutup tergantikan oleh Indomaret, Alfamaret, dan sejenisnya.

10 tahun yang lalu, jika kita termasuk orang yang tidak terbuka pada perubahan jaman, maka hari ini kita adalah orang yg tergilas oleh jaman, ketinggalan.
Dan jika hari ini pun kita tidak terbuka oleh informasi dan perubahan, Percayalah 10 tahun yang akan datang, kita adalah orang orang yang merugi dan jauh lebih ketinggalan lagi.

Perubahan dan inovasi tidak akan pernah berhenti meski kita berkeras untuk tidak ikut berubah. Kenyataannya meski sebagian dari kita memilih tidak ikut perkembangan jaman, kita tetap mengalami perubahan….yah, perubahan menjadi semakin menua.

Apa yang terjadi jika ada ulat yang tidak mau berubah, berproses ke tahap berikutnya menjadi kepompong lalu menjadi kupu-kupu. Seumur hidup si ulat tetaplah ulat, yang tidak bisa kemana-mana, hanya bisa di seputaran daun satu dan daun sekitarnya. Sementara semua rekan lainnya sesama ulat sudah menjadi kupu-kupu terbang kesana kemari.

Begitu juga cara kita mencari penghasilan baik dari bekerja sebagai Pegawai, Profesional, maupun BISNIS.

Jika sekarang kita masih nyaman kerja di perusahaan, kantor, bank atau lainnya, percayalah 10 tahun lagi bahkan kantor atau bank pun mungkin sudah tidak ada karyawannya karena tergantikan oleh Fintech, aplikasi Alipay atau Digital Marketing Online lainnya.

5-10 tahun yang akan datang, setiap orang yang mempunyai kamar kosong bisa punya Hotel sendiri karena bisa disewakan secara online. Bahkan sekarang sudah ada seperti Airy rooms dan sejenisnya.

5-10 tahun yang akan datang, tele officcer dan teleworker akan menjamur dan orang senang bekerja di rumahnya atau kantor dekat rumahnya untuk menghindari macet. Bayangkan jika 10 tahun lagi kita biasa kerja di kantor, saat istirahat siang biasa keluar ramai-ramai cari makan siang, pulang kerja pun sering beriringan. Satu per satu dari teman sekerja kita akan mulai mencoba bekerja dari rumah, satu per satu mereka mulai resign. Mulai menghasilkan dari rumah sendiri sambil punya waktu untuk keluarga sepanjang hari. Tinggallah kita sendirian yang masih berkutat seperti yang sebelum-sebelumnya, pergi dan pulang macet melelahkan dan sampai rumah sudah capek, tidak ada lagi tenaga buat keluarga dirumah.

5-10 tahun yang akan datang, sekolah sesuai dengan permintaan tenaga kerja, kurikulum berbasis kebutuhan industri, banyak universitas tutup karena jurusannya tidak sesuai. Saat ini banyak Hotel mendirikan Universitas Perhotelan, Rumah Sakit membuka Universitas Medis Keperawatan – Kedokteran. Orang hanya belajar fokus pada yang menjadi passion nya.

Sekarang banyak mengatakan omzet turun perputaran uang turun , tapi ternyata banyak pelaku bisnis online yang mengatakan sekarang sedang ramai ramainya ditandai dengan makin maraknya usaha jasa pengiriman

5-10 tahun yang akan datang, kita mau jadi apa? Dimana? Sama siapa?

Naah….buat Anda yang mau berubah supaya tidak tergilas jaman, coba deh ikutan ‘kuliah’ di kampusCEO.com. Belajar,  langsung punya bisnis, bisa praktek dan menghasilkan plus bisa bantu orang lain juga ikut berkembang bisnis dan kehidupannya.

Open chat