62-82244447165 CS@KampusCEO.com

Banyak pemula di Bisnis Online yang kurang memahami bagaimana memilih nama domain yang bagus dan menjual untuk nama bisnisnya. Jika Anda termasuk salah satunya, tips berikut semoga bisa membantu Anda dalam memilih nama website / domain favorit Anda. Namun terlebih dahulu ada baiknya Anda mengenal dulu tentang apa itu website dan seputarnya disini.

Tips Memilih Nama Domain:

  1. Tentukan dahulu produk/jasa yang Anda akan jual di website dan pasarnya apakah lokal atau internasional. Semakin spesifik sesuai nama produk / jenis produk akan semakin bagus. Misalkan mau jualan rempah-rempah khusus JAHE dengan pasar internasional, maka Anda bisa gunakan seperti Gingers.com Gingers.id atau sejenisnya. Tapi jika kita pasarannya lokal, bisa kita pakai seperti Jaheku.com, Jaheku.id.
  2. Nama domain minimal 5 huruf, sebisa mungkin terdiri dari hanya 1 kata, supaya mudah diingat. Domain yang terlalu panjang juga tidak bagus karena orang susah untuk mengingatnya. Untuk domain yang dibawah 5 huruf, sudah masuk kategori PREMIUM yang harganya jauh lebih mahal.
  3. Berbicara Bisnis apapun bentuknya, kita juga tidak bisa lepas dari berbicara BRAND/MEREK. Karena Bisnis dibangun untuk jangka panjang dan semoga bisa senantiasa berkembang selamanya supaya bisa diwariskan ke generasi-generasi berikutnya. Jadi jika Anda ingin membuat Bisnis Go Online, domain yang Anda gunakan untuk website Anda sebaiknya juga sudah sesuai dengan merek dagang / Brand yang Anda punya.  Jika Anda belum mendaftarkan Brand / merek dagang / merek jasa Anda sebaiknya cek disini dahulu sebelum membeli nama domain. Khawatir jika domain yang Anda beli merupakan nama MEREK dan sudah ada yang pakai, maka ke depannya domain website yang Anda beli itu mungkin akan ada masalah tuntutan hukum atas kepemilikan merek terkait.
  4. Jika poin ketiga sudah aman, Anda bisa cek ketersedian domain yang Anda pilih disini 
  5. Kemudian Anda buka akun baru Media Sosial favorit seperti Email, Google Bisnisku, FB, FB Page, Twitter, IG, atau lainnya dengan nama akun sesuai nama domain Anda tersebut, makin banyak persamaan dengan akun media sosial yang lain semakin baik dalam pencarian oleh Google.
  6. Jika sudah langkah 1-4, maka segera eksekusi beli nama domain tersebut dan domain tersbut kini resmi menjadi milik Anda selama 1 tahun kedepan. Anda masih harus memperpanjang lagi di tahun-tahun berikutnya, lakukan perpanjangan sebelum habis waktu atau Anda akan kehilangan domain tersebut selama-lamanya .
  7. Jika Anda masih bingung nanti mau jualan apa tapi ingin mengamankan dahulu domainnya sebelum terbeli oleh yang lain, maka boleh memakai nama yang umum. Seperti nama Anda sendiri, atau nama Tokoku, Dapurku, Warungku, dan sejenisnya. Tapi ini kurang disarankan dalam kualitas penelusuran oleh mesin pencari. Domain yang lebih spesifik lebih bagus.

Semoga tips ini dapat membantu Anda untuk memilih nama domain favorit. Jika Anda perlu bantuan Anda bisa diskusikan dengan admin.

 

Open chat